Kamis, 01 Mei 2014

Posted by Unknown 22.36 in

Assalamualaikum teman-teman sekalian kali ini aku memposting tengtang macromedia yg menjadi salah satu mata kulia yang saya ambil sekarang ini, agar tidak panjang lebar lansung saja pembahasannya sebagai berikut:


MACROMEDIA 
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
 
Fungsi-Fungsi Penjelasan Toolbarnya
  • Tool bar adalah bagian yang di gunakan untuk membuat objek baik berupa gambar, garis, atau text. Bgian Toolbar akan di bahas lebih lanjut
  • Stage adalah bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
  • Timeline adalah bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer dan Scane

Gambar – Tampilan Flash MXObjek Pada Flash Pada waktu anda membuat suatu movie flash anda menggunkan objek baik berupa gambar, garis atau text yang anda tempatkan pada bagian stageLibrary Di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada KeyboardGambar – LibraryTimeLine Merupakan Kompnen Penting dalam pembuatan suatu animasi. Time lline terbagi menjadi tiga bagian yaitu Scane, Layer dan FrameSeperti anda membuka sebuah buku maka time line merupakan daftar yang interaktif. Scane seperti sebuah bab pada buku itu. Dan frame merupakan seperti sebuah ahalaman. Dan layer merupakan kesatuan dari halaman suatu frame. Maka animasi merupakan suatu pergerakan mengikuti daftar isi berisi halaman-halaman terurut dengan tidak memperlihatkan halaman-halaman di baliknya dengan tangan.

Gambar – TimelineStage Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.Anda dapat merubah ukuran stage ini sesuai kebutuhanLangkah mengubah ukuran stage dan latar be;lakang warna stage:
  1. Arahkan mouse pada menu Modify> Document atau anda bias gunakan tombol CTRL+J pada keyboard
  1. Setelah muncul sebuah kotak menu berisi document properties ubahlah apa yang anda kehendaki baik Width (lebar), Height (tinggi), Background Color (latar Belakang Warna Stage) ataupun Frame Rate (kecepatan Frame)

 

>I> 
Gambar – Kotak dialog Document PropertiesToolbar Tolbar dapat di gunakan untuk memuat Objek baik berupa garis, gammbar berupa lingkaran, persegi maupun bentuk lain. Dengan penambahan pada kolom option maka akan ada pilihanGambar – Kotak ToolbarArrow Tool Tool ini digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.Subselection Tool Tool ini digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.Line Tool Tool ini digunakan untuk membuat suatu garis di stage.Lasso Tool Tool ini digunakan untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.Pen Tool Tool yang digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek denganmenggunakan edit points (lebih teliti & akurat).Text Tool Tool ini digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.Oval Tool Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.Rectangle Tool Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.Pencil Tool Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai.Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuksempurna.Brush Tool Tool ini sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.Free Transform Tool Tool ini digunakan untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentukobjek menjadi bentuk lain.Fill Transform Tool Tools ini digunakan untuk memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan FlashMX, serta untuk mengatur efek warna.Ink Bottle Tool Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidakada).Paint Bucket Tool Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.Eraser Tool Tool ini digunakan untuk menghapus objek yang Anda bentuk. 
-----------------------------------------------------------
Arrow, Arrow digunakan untuk memilih keseluruhan objek dengan mengklik atau menyeret untuk menandai objek dalam suatu bagian.Subselection,digunakan untuk mengatur node dalam membentuk bentuk bebas dari sebuah objek.Line, Untuk membuat obyek sebuah garis lurus.Lasso, digunakan untuk menseleksi bebas sebuah obyek atau bagiannya.Pen, untuk menarik garis lurus, membuat lengkungan dengan node dan membuat obek dengan presisi.Text, membuat obyek text ( tertulis) dengan huruf, teriri dari tiga macam, yakni; Static text, dinamic text, dan input text.Oval, Membuat objek oval (elips) atau lingkaran di dalam animasi.Rectangle, membuat objek dalam bentuk segi empat ( bujur sangkar atau persegi panjang).Free Transform, mengubah bentuk objek grafis atu teks, mebuat jadi panjang, lebar atau di putar.Fill Transform, digunakan untuk membentuk arah gradien (komposisi warna) sebuah objek atau gambar bitmap.Ink Bottle, digunakan untuk memberi warna pada garis tepi sebuah objek.Paint Bucket, digunakan untuk memberi warna pada bagian utama (tengah ) sebuah objek grafis.Eyedropper, digunakan untuk mengcopy warna yang sama dari sebuah objek untuk digunakan pada objek lain.Eraser, Penghapus, untuk menghapus seluruh objek atau sebagian dari objek.Hand, digunakan untuk memindahkan stage dalam animasi ketika diperbesar atau diperkecilZoom, digunakan untuk memperbesar/ memperkecil stage sehingga memudahkan pengeditan.Stroke Color, digunakan untuk memberi warna garis pembatas sebuah objek.Fill Color, digunakan untuk memberi warna bagian utama objek.Tool Modifiers, bagian dari toolbar yang bisa digunakan untuk mensetting sebuah tool.
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Linkie ♥

Welcome!

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Search

Recent Posts

Text Widget

Pages

Blog Archive